Wednesday 10 December 2014

Service Printer Paper Jammed Epson L210

Paper jam pada printer epson banyak penyebabnya diantaranya kertas terlalu banyak yang di masukan pada tray paper, kertas sangkut di printer karena kertas yang digunakan adalah kertas bekas dll. Tapi kali ini saya akan membahas paper jam yang bukan di akibatkan karena kertas yang tersangkut. Pesan error pada komputer seperti gambar berikut :

Setelah saya cek di printer tidak ada secuil kertas yang tersangkut pada printer, akan tetapi pesan tersebut tetap tampil saat akan mencetak walau printer sudah di matikan dan nyalakan kembali.
Cukup lama juga saya otak atik ini printer, dan saya coba juga tanyakan kepada kang Google.com tapi yang saya temukan hanya pesan dari admin epson untuk membawa printer ke service centre terdekat. Wah jelas kena biaya nich.....he ... he....(Hemat).
Akhirnya printer coba saya bongkar sendiri untuk mencari pokok permasalahan nya.

 Langkah pertama buka baut cover printer yang terletak di atas sebelah kanan printer. perhatikan gambar di atas. selanjutnya buka cover.

Setelah cover printer terbuka, buka juga baut yang di tunjukan gambar di atas. kemudian buka penutup yang berada di sebelahnya.

Perhatikan gambar di atas. Setelah penutup nya di buka kelihatan ada kabel flexibel yang terlepas dari dudukannya ini mungkin di karenakan sewaktu ada kertas yang sangkut kemudian ditarik paksa sehing menarik kabel tersebut. Pasang kembali kabel tersebut pada tempatnya. Dan setelah saya test nyalakan printer pesan error Paper Jamed  sudah tidak muncul kembali.
Printer sudah dapat di pergukan kembali.

Catatan :
Permasalahan seperti ini bisa juga terjadi pada printer epson serie L lain nya. jika rekan-rekan menemukan hal tersebut di printer serie L lain nya. bisa anda coba cara di atas.
terima kasih





7 comments:

  1. Mas printer epson L 110 saya lampu indikator power indikator kertas dan tinta menyala berkedip trus ,mohon pencerahan cara mengatasinya pak, terima kasih

    ReplyDelete
  2. terima kasih membantu sekali gan

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah berkat tutorialnya......printer sudah bisa berfungsi kembali seperti biasanya...terima kasih sebelum

    ReplyDelete
  4. MAS SAYA UDACH COBA TAPI MASIH TETAP MUNCUL... SOLUSINYA APALAGI MAS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lembiru pasti TOkcer...... Lempar beli baru

      Delete
  5. MAS SAYA UDACH COBA TAPI MASIH TETAP MUNCUL... SOLUSINYA APALAGI MAS?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lembiru pasti TOkcer...... Lempar beli baru

      Delete

 

Artikel Terbaru

Blogroll