Friday 5 December 2014

Penyebab Cartridge Canon Cepat Buntu/Rusak

      Tentu sangat menjengkelkan jika printer canon anda tiba-tiba rusak/buntu saat anda mencetak hasil kerja anda. Rusak nya cartridge canon biasa di tadai dengan hasil yang memuaskan seperti hasil print putus-putus, salah satu warna tidak keluar atau bahkan tidak ada hasil cetak sama sekali. Diantara penyebab adalah
  1. Printer terlalu lama tidak digunakan. Karena terlalu lama printer tidak digunakan untuk mencetak, hal ini akan mengakibatkan tinta yang berada didalam cartrid akan membeku atau mengeras sehingga akan menyumbat lobang-lubang cartridge.
  2. Qualitas tinta yang rendah. Khusus untuk printer yang telah dimodifikasi infus tentu banyak sekali tinta printer yang dijual dipasaran dengan berbagai jenis dan merk nya. Jangan menggunakan tinta dengan qualitas tinta yang rendah. salah satu ciri qualitas tinta yang jelek adalah dari kandungan garam yang sangat tinggi sehingga kandungan garam ini lama-lama akan mengendap dan dapat menyumbat lubang-lubang cartridge. Menurut pengalaman saya merk tinta yang bagus diantara nya adalah merk Blue Print. Tinta blue print telah teruji qualitasnya. tinta warna hitam dapat mencetak sekitar 18.000 lebar / 36 rem di kertas A4 dengan jarak spasi 1.5 tanpa merusak cartrid, dan telah mendapatkan recor muri.
  3. Over Head Cartridge. Hal ini disebabkan beban cetak yang terlalu tinggi, jangan mencetak dalam jumlah yang terlalu besar dalam sekali print. berikan jeda waktu istirahat agar cartridge tidak terlalu panas.
  4. Kondisi Tinta didalam Cartridge Kosong. hal ini juga akan menyebabkan cartridge panas, isi kembali tinta didalam tabung jika kondisi tinta tinggal 1/4 tabung. karna tinta juga berfungsi sebagai pendigin cartridge.

No comments:

Post a Comment

 

Artikel Terbaru

Blogroll