Tuesday 9 December 2014

Service Komputer (Nyala Tiba-tiba Mati)

Salah satu masalah komputer yang sering kita temui adalah sering nya mati komputer secara tiba-tiba atau nyala yang tidak terlalu lama selitar 5 sampai 10 menit kemudian mati dan sulit dinyalakan kembali biasanya ini diakibatkan karena temperatur suhu processor yang terlalu tinggi. untuk menganalisa permasalahan tersebut hal yang harus kita lakukan adalah :
  1. Langkah pertama adalalah Cek temperatus Procesor dengan masuk sistem bios komputer. Caranya tekan tombol DEL di keyboard secara terus menerus ketika komputer baru saja dinyalakan sampai muncul layar biru (BIOS SETUP UTILITY).
  2. Masuk ke menu Advance >> kemudia pilih Hardware Monitor. Maka akan tampil seperti gambar berikut. 
    dalam kondisi CPU Temperatur 106 derajat, hanya dalam hitungan detik saja komputer akan mati.
  3. Temperatur CPU yang Normal diantara 40 - 60 derajat, jika temperatur sudah mencapai 90 derajat keatas kita cek terlebih dahulu kondisi FAN CPU apakah masih berfungsi dengan baik atau bahkan mati total. Jika FAN CPU Mati solusinya ganti dengan FAN CPU yang baru.
  4. Jika Kondisi FAN masih bagus seperti yang di perlihat kan gambar di atas. CPU FAN Speed masih 2700 RPM berati kondisi FAN Masih bagus. langkah selanjudnya lihat kondisi Cooling FAN di processor. Jika banyak debu yang menempel dapan anda bersihkan dengan menggunakan kuas. Perhatikan Kondisi FAN yang di penuhi dengan debu.
    Lepaskan FAN dari dudukan Processor kemudian bersihkan dengan menggunakan kuas.
  5. Setelah anda merasa kondisi FAN sudah bersih, pasang kembali di dudukan processor. dan anda dapat mencoba menyalakan kembali komputer anda. masuk kembali ke BIOS SETUP UTILITY. perhatikan kembali gambar berikut setelah CPU FAN dibersikan dari kotoran/debu.
    CPU Temperatire menunjukan suhu 55 derajat saja. perhatikan temperatur selama kurang lebih 15 menit, jika suhu tidak naik kembali mencapai 90 derajat keatas berarti komputer anda telah normal kembali.
  6. Jika setelah FAN anda bersihkan, tetapi CPU Temperature masih tinggi, coba ganti CPU FAN, mungkin CPU FAN Speed sudah menurun sehingga tidak dapat mendinginkan Processor dengan baik.
  7. Restart komputer masuk ke windows system. Komputer anda tidak akan mati kembali walau pun anda gunakan dalam waktu yang lama.

Demikian artikel ini saya buat, semoga dapat membatu rekan-rekan yang mengalami masalah tersebut.

1 comment:

  1. kalo sudah mati total dan tidak bisa nyala bagaimana? apa bisa masuk ke bios komputer? thx

    ReplyDelete

 

Artikel Terbaru

Blogroll