Thursday 25 October 2018

TINTA TIDAK KELUAR SAAT MENCETAK PRINTER EPSON l350

   
     Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengenai permasalahan tinta printer epson yang tiba tiba tidak dapat mengeluarkan tinta saat sedang mencetak hal ini dapat di pengaruhi oleh banyak faktor Seperti ,
1. Tinta pada tabung tinta kosong.
2. Tinta yang di gunakan tidak original ( KW )
3. Head printer rusak / tersumbat


     Dari beberapa faktor diatas kali ini saya akan membahas masalah pada point no. 2 yaitu TINTA YANG DI GUNAKAN TIDAK ORIGINAL. Untuk saat ini saya menggunakan printer epson Serie L ada 4 unit, 2 unit serie L350 dan 2 unit L360, dari kedua serie ini perbedaan yang saya rasakan hanya di kecepatan print.
     Setelah kurang lebih 6 bulan penggunaan printer L350 saya menemui masalah tinta biru yang tiba tiba tidak keluar saat mencetak. itu saat di gunakan untuk mencetak photo dengan qualitas high, yang saya lakukan pertama adalah printer saya cleaning kemudian test print dengan cara nozel check. alhamdulillah hasil nya bagus, akan tetapi printer mengalami kemacetan kembali di warna yang sama saat mencetak photo. dan ketika saya mencetak document warna di kertas biasa hal yang sama juga terjadi setelah sekitar 3 lembar cetakan. Sy menduga bahwa print head nya rusak kemudian saya mebawa printer ke Service Center Epson. saat di test di service center mereka langsung melakukan Head Cleaning. hasilnya bagus kata teknisinya. jadi mengenai head nya tidak ada masalah. teknisi tersebut menanyakan kepada saya apa tinta yang saya gunakan ori atau tidak, saya jawab tidak, saat itu saya menggunakan tinta merk blue print. kemudian teknisi tersebut menyarankan ke saya untuk mengganti tinta yang original akan tetapi tinta yang lama harus di kuras terlebih dahulu. Teknisi menceritakan kepada saya bahwa dia  pernah mengganti print head yang baru akan tetapi hasil nya sama saja kemudian dia mencobacoba mengganti tinta yang ori dengan persetujuan customer alhasil tidak di sangka, hasil cetakan lancar tidak ada masalah macet tinta lagi.
Tentunya apa yang dikatakan teknisi ini saya antara percaya dan tidak, masak sih gara gara tinta aja head tidak bisa menyemprotkan tinta sama sekali logika saya kalau masalah tinta paling tidak head nya bolong bolong kalau yang saya alami kan blank sama sekali untuk tinta warna biru sedangkan warna lain kan tidak.
Akan tetapi saya mencoba melakukan mengganti tinta ori seperti yang di sarankan teknisi epson, kusus untuk warna biru aja terlebih dahulu dari pada printer tidak dapat di gunakan sama sekali, maklum tinta ORI kan mahal coi....
Wah hasilnya di luar dugaan setelah saya ganti tinta ori masalah cetak photo dan document tidak ada kendala lagi lacar .. car ...car... 
Sejak saat itu saya akalin untuk tinta biru saya menggukan tinta original...

        Mudah mudahan pengalaman saya dapat membatu kawan kawan jika mengalami masalah yang sama. Jika ada saran atau masalah yang berbeda bisa coret coret di bawah untuk bebagi pengalaman. Terima Kasih

1 comment:

 

Artikel Terbaru

Blogroll