Tuesday 25 September 2018

PRINTER INDOOR ECOSOLVENT DENGAN HEAD EPSON DX5

       

        Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saat mengoperasikan printer indoor eco solvent dengan menggunakan Head epson DX5. Sebelum menjelaskan lebih lanjud pengalaman saya terlebih dahulu saya akan menerangkan jenis printer yang saya gunakan.
Spec :
Printer Indoor Merk China
Jenis Tinta Ink Jet Eco Solvent (4 Warna)
Print Head Epson DX5
Panjang Max Bahan 1.5 M


       Sebelum saya membeli jenis printer ini saya udah mencari reverensi dari beberapa sumber yang menurut saya mereka sangat berpengalaman dalam printer Indoor Eco solvent. sehingga saya memutuskan untuk membeli printer ini yang menggunakan Print Head Epson DX5, dan untuk Type printer head epson diatas DX5 adalah Type DX7 tetapi untuk type ini tidak di recomended kan oleh banyak orang yang telah menggunakan print head epson type ini, karena daya tahan DX7 tidak sebanding dengan type DX5 walau pun DX7 adalah type terbaru.
Setelah printer yang saya beli udah datang saya gunakan untuk mencetak di bahan Sticker, alabatros, dan one way, tentunya hasil dari cetakan nya sangat bagus. akan tetapi karena saya baru memulai usaha di bidang printing printer ini saya nilai masih kurang produktif karena orderan masih belum banyak. sehingga sy gunakan jg untuk mencetak di bahan Vinyl (Mencetak spanduk) tentunya hasilnya sangat wahhh banget walaupun costnya di bilang agak gede. karena di paksa untuk mencetak spanduk yang satu hari nya bisa mencapai 15 meter head nya mulai ada masalah dalam jangka waktu kurang lebih 1 tahun.
Permasalahan :
     Warna Kuning tiba tiba tidak keluar satu blok, akan tetapi printer masih bisa untuk mencetak walau pun hasilnya kurang memuaskan. selang beberapa lama di susul warna biru tidak keluar satu blok jg. dan akhirnya saya memutuskan untuk mengganti head DX5 dengan yang baru dengan harga 18 jt rupiah.
    Setelah penggunan head baru sekitar 3 bulan permasalahan timbul kembali yaitu tinta warna kuning tidak keluar 1 blok kembali dan menjelang 1 bulan kemudian warna kuning tidak keluar semuanya. Kalau saya amati ini murni bukan kesalahan karena kelalaian perawatan, karena jika sy letakkan tisu di atas permukaan head warna kuning ada membekas 2 baris seperti warna tinta lainnya, berarti head nya tidak dapat memompa tinta keluar lagi. sehingga printer terpaksa harus di pensiunkan.
    Setelah tanya - tanya ke beberapa percetakan ternyata mereka jg mengalami hal yang sama seperti yang saya alami yaitu head tidak dapat menyemprotkan tinta warna kuning, yang jadi pertannyaan saya ada apa dengan head epson DX5 kususnya di warna kuning? ada yang hanya bertahan 3 bulan, 1 bulan bahkan ada yang baru di ganti saja warna kuning tidak keluar.
    Semoga pengalaman saya ini dapat menjadi reverensi teman teman dalam memilih jenis printer atau type print head yang akan di gunakan, saya ingin jika ada pengalaman yang berbeda atau sama dengan saya dapat coret coret di bawah agar kita sama sama bisa belajar, dan bagaimana juga dengan pengalaman yang mengguankan merek printer jepang seperti mimaki dan roland yang menggunakan head epson DX5.
 

No comments:

Post a Comment

 

Artikel Terbaru

Blogroll