Sunday 12 July 2015

INDIKATOR TINTA MENYALA DAN LAVEL TINTA KESILANG SEMUA EPSON T1100

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai masalah printer epson T1100 yang indikator tinta menyala, dan sewaktu kita cek draver printer tersebut menunjukan bahwa lavel tinta tersilang. hal ini menunjukan bahwa tinta tidak terbaca apleh printer. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini bisa terjadi

1. Bersihkan chip yang terdapat pada tabung tinta. Jika perlu ganti dengan yang baru



2. Chip Detector Cartridge. Coba Ganti dengan chip yang baru. lihat gambar di bawah

3. Jika chip Cartridge udah anda ganti tetap saja indikator tinta menyala. langkah kedua adalah mengganti kabel flaexsible yang terhubung pada chip detector cartridge.

4. Jika langkah ketiga di atas tetep juga tidak berhasil. Kemungkinan terakhir adalah putusnya fuse pada mainboard Epson T1100. Perhatikan gambar berikut. Test menggunkan multitester untuk memastikan bahwa fuse tersebut dalam kondisi baik atau putus.



cara mengganti fuce tersebut sangatlah mudah. Sambung kedua ujung menggunakan kabel serabut yang paling halus. cukup 1 lembar kabel serabut yang besar nya tdk lebih dari ukuran rambut.

Cara ini sudah saya buktikan sendiri. dan berhasil. karna sewaktu itu saya kesulitan untuk menemukan fuse tersebut. jadi saya akali dengan menganti kabel serabut saja dan alhamdulillah berhasil.



1 comment:

  1. "Sambung kedua ujung menggunakan kabel serabut yang paling halus. cukup 1 lembar kabel serabut yang besar nya tdk lebih dari ukuran rambut.
    "

    apakah kabel itu nantinya tetap dibiarkan dipasang pada kedua ujung fuse, atau cukup disentuhkan beberapa saat lalu dilepas?

    ReplyDelete

 

Artikel Terbaru

Blogroll